Kembali Tuai Prestasi, SMK PGRI 1 Ngawi Raih Juara 1 Dalam Mahavation Road Safety.

SMK PGRI 1 Ngawi saat menerima hadiah juara 1 lomba inovasi teknologi di Polda Jatim.

NGAWI, exspresnews.com - SMK PGRI 1 Ngawi, Jawa Timur, kembali mendulang prestasi, dengan meraih juara pertama lomba inovasi teknologi yang diadakan oleh Polda Jatim sebagai rangkaian peringatan Hari Jadi Lalu Lintas. 

SMK Grisa mampu menyisihkan 82 peserta lainnya yang berasal dari pelajar SMA/SMK sederajat, melalui perwakilan tim yang terdiri dari anak didik dan guru pembimbing, yakni Daniel Ranggabani Putra Dau kelas XII TKJ A, Vabila Engelitha Putri kelas XI TKJ D, Tegar Saputra kelas XI TKJ D, Rasiya Aditia Saputra kelas X TKJ D, dan sebagai guru pembimbing Slamet Rizky K, S.Pd, Slamet Yulianto, S.Kom, untuk mengikuti lomba Mahavation Road Safety yang digelar di Polda Jatim pada Kamis (27/09/2024).

Smart Traffic Light mahakarya hasil cipta pelajar Grisa, menjuarai lomba dan mendapatkan penilaian dan apresiasi tertinggi dari tim juri. Smart Traffic Light adalah sistem lampu lalu lintas cerdas yang menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan Buatan untuk mendeteksi jumlah kendaraan di setiap jalur.

Kepala Sekolah SMK 1 PGRI Ngawi, Farid Samsul Hadi, melalui guru pembimbing TKJ, Slamet Rizky K, dan Slamet Yulianto menjelaskan bahwa dengan bantuan kamera dan AI, sistem ini bisa mengatur durasi lampu hijau, kuning, dan merah sesuai dengan kepadatan lalu lintas.

"Sistem ini memerlukan tiga komponen alat kerja yakni webcam atau kamera, komputer dan raspberry PI," terang Rizky salah satu guru pembimbing TKJ saat ditemui Kamis (03/10/2024).

Sementara Yulianto menggambarkan cara kerja dari Smart Traffic Light, kamera akan menangkap jumlah kendaraan yang kemudian di deteksi oleh Yolo V5 dan dikirim ke komputer, komputer menerima data dari webcam kemudian di proses dan dikirimkan ke Raspberry PI, dan selanjutnya Raspberry PI akan menyalakan lampu lalu lintas.

"Misal dari kamera ditangkap jumlah kendaraan dengan kategori macet (4 atau lebih kendaraan) maka durasi lampu hijau akan ditambah sesuai program, namun ketika dikategorikan lancar maka durasi lampu hijau normal atau tidak ada penambahan," imbuhnya.

Diharapkan dengan penciptaan inovasi teknologi yang bermanfaat untuk mengurai kemacetan lalu lintas ini akan membantu mengurangi angka kecelakaan yang terjadi. (ik)
 

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Dibaca : 1.756