Jelang Pilkada KPU Magetan Berikan Sosialisasi Pendidikan Pemilih Bagi Warga Binaan Rutan Magetan.

Sosialisasi pendidikan pemilih oleh KPU kepada warga binaan rutan kelas IIB Magetan.

MAGETAN, exspresnews.com - Jelang Pilkada serentak pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magetan berikan sosialisasi pendidikan pemilih kepada warga binaan rutan kelas IIB Magetan, Kanwil Kemenkumham Jawa Timur, Jumat (11/10/2024).

Sosialisasi tersebut bertujuan memberikan edukasi agar bisa memahami tahapan pemilihan dan memastikan hak pilih warga binaan dapat terpenuhi pada Pilkada 27 November 2024 mendatang. 

Ucapan terima kasih pun tak luput keluar dari Kepala Rutan Magetan, Ari Rahmanto, kepada KPU Magetan atas ketersediaannya memberikan sosialisasi, yang menurutnya dianggap penting bagi warga binaan rutan.

"Saya kira pemahaman pendidikan pemilih ini penting bagi warga binaan, untuk dapat menyalurkan haknya dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati nanti," ucapnya.

Ari Rahmanto juga menjelaskan, saat ini terdapat 190 warga binaan di Rutan Magetan, dengan 17 orang yang sudah bebas, sehingga sampai dengan hari ini total ada 173 orang, yang datanya bisa berubah setiap hari.

“Sampai dengan saat ini ada 173 orang dan jumlah tersebut akan bertambah karena pada hari ini akan ada tambahan dari kabupaten lain, yakni Kediri sebanyak 11 orang," imbuh Ari.

Sementara itu, Komisioner KPU Magetan Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia (SDM), Rhichy Kurnia Putra, menyampaikan bahwa edukasi tentang tahapan Pilkada 2024 kepada warga binaan dinilai penting untuk dipahami bagi warga binaan rutan.

“Sosialisasi ini khusus dilakukan di wilayah rutan atau lembaga pemasyarakatan (lapas),” jelas Rhichy.

Diharapkan oleh KPU Magetan maupun pihak Rutan adanya dukungan dari semua pihak agar pelaksanaan Pilkada 2024 berjalan lancar, aman, adil, dan transparan dengan penyaluran hak pilih.(ik)
 

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Dibaca : 1.756