Pengentasan Stunting dan Ketahanan Pangan Tetap Jadi Prioritas Pemdes Nguri.

Penandatangan berita acara musdes penetapan RKPDes Nguri tahun 2025 oleh Kades Sriyono.

MAGETAN, exspresnews.com - Laksanakan kegiatan wajib tahunan, Pemerintah Desa Nguri, Kecamatan Lembeyan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur menggelar musyawarah desa penetapan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun 2025, Selasa (24/09/2024).

RKPDes merupakan dokumen perencanaan yang memuat tentang pokok-pokok pembangunan desa untuk satu tahun ke depan yang menjadi pedoman bagi pemerintah desa untuk menyusun program kerja dan kegiatan pembangunan.

Kepala Desa Nguri, Sriyono, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan wajib yang harus dilaksanakan oleh setiap pemerintah desa guna menyusun APBDes untuk satu tahun ke depan. Selain itu dijelaskan pula bahwa RKPDes bertujuan untuk menjamin keberlangsungan pembangunan desa.

"Alhamdulillah musyawarah desa hari ini berjalan dengan lancar, di mana sebelumnya kami telah melaksanakan musyawarah desa yang melibatkan LPM, BPD dan tokoh masyarakat baik dari RT maupun RW serta tokoh-tokoh perempuan untuk menuangkan gagasan atau usulan yang akan disepakati dalam penetapan RKPDes," jelas Sriyono.

Terkait prioritas program kerja pemerintah desa, ia menjelaskan bahwa untuk prioritas tetap mengacu pada petunjuk dari pemerintah pusat, di antaranya pengentasan stunting, ekonomi ekstrim, pencegahan penggunaan narkoba, dan juga peningkatan ketahanan pangan. Sedangkan di bidang pembangunan, Sriyono menuturkan peningkatan infrastruktur mulai dari jalan dan talud tetap menjadi prioritas.

"Ya semoga dengan musyawarah penetapan RKPDes tahun 2025 nantinya dapat menjadi acuan dalam penyusunan APBDes sehingga akan berdampak positif bagi warga dan tentunya dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Desa Nguri," pungkasnya. (ik/red*)
 

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Dibaca : 1.756