Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Menjadi Skala Prioritas Pemdes Buluharjo.

Musyawarah desa penetapan perubahan RPJM Desa Buluharjo, Kecamatan Plaosan.

MAGETAN, exspresnews.com - Pemerintah Desa Buluharjo, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, melaksanakan kegiatan musyawarah desa penetapan perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes), Senin (30/09/2024).

Bertempat di gedung pertemuan Desa Buluharjo, kegiatan dihadiri oleh Forkopincam Plaosan beserta jajaran, Lembaga Pemberdaya Masyarakat (LPM), Badan Permusyawaratan Desa (BPD), tokoh masyarakat mulai dari RT hingga RW dan tokoh perempuan.

Dalam sambutannya Kepala Desa Buluharjo, Thohary, menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran pemerintah desa dan lembaga serta masyarakat yang telah turut melancarkan kegiatan musyawarah ini.

"Terima kasih kepada seluruh elemen yang terlibat mulai dari penggalangan gagasan atau usulan hingga ditetapkannya RKPDes hari," ucap Thohary.

Ia menjelaskan bahwa musyawarah desa penetapan perubahan RPJMDes tahun 2024-2029 menjadi RPJMDes tahun 2024-2031 sesuai dengan undang-undang nomor 3 tahun 2024 tentang perubahan masa jabatan kepala desa menjadi 8 tahun dengan maksimal dua periode.  

Lebih lanjut Kades baru tersebut mengatakan bahwa dalam Musdes kali ini adalah untuk menyepakati gagasan maupun usulan yang telah disusun dalam RPJMDes untuk ditetapkan menjadi RKPDes tahun 2025.

Ditanya terkait skala prioritas program kerja dan pembangunan desa, Thohary menerangkan bahwa pembangunan dan pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan UMKM menjadi prioritas pemerintah desanya. 

"Untuk pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan UMKM ini kami akan melakukan pelatihan-pelatihan dan penambahan modal bagi pelaku UMKM yang masih kecil-kecil," ucapnya.

Sedangkan untuk pembangunan fisik pihaknya menuturkan untuk meratakan dan mengentaskan pembangunan di seluruh wilayah desa, baik peningkatan infrastruktur jalan, talud serta jalan usaha tani yang nantinya juga akan berdampak pada peningkatan ketahanan pangan.

"Semoga dengan musyawarah desa ini bisa disepakati bersama untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Desa Buluharjo," pungkas Thohary. (ik)


0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Dibaca : 1.756