Watu Nganten, Menjadi Tema SMAN 1 Magetan Dalam Pawai Budaya Kebhinekaan.

 

Miniatur situs sejarah "Watu Nganten" tema SMAN 1 Magetan dalam pawai budaya kebhinekaan.

MAGETAN, exspresnews.com - Semarak peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79 tahun ini, Pemkab Magetan menggelar pawai budaya kebhinekaan yang dipusatkan di area Kampus Unesa Magetan, Minggu (25/08/2024).

Dengan mengambil Tema "Bangga Magetan Cinta Unesa Jaya Negeriku", pawai budaya ini diikuti oleh peserta dari pelajar SD, SMP sederajat, SMA sederajat dan juga swasta dan umum. .

SMAN 1 Magetan, salah satu peserta pawai yang turut memeriahkan perayaan HUT RI ke 79, unjuk kebolehan dengan menampilkan tema "Watu Nganten". Di mana situs peninggalan sejarah ini merupakan salah satu harta kekayaan warisan leluhur bangsa, yang digambarkan dengan sepasang pengantin yang menjadi icon utamanya.

Watu Nganten merupakan situs budaya yang menceritakan sejarah sepasang anak muda yang menjalin asmara hingga menuju jenjang pernikahan dan bersanding menjadi pengantin.

Senada dikatakan oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Magetan, Supardi,S.Pd,M.Pd, Watu Nganten merupakan simbol kesetiaan, kebahagiaan dari sebuah hubungan.

"Kami lebih menekankan sejarah atau filosofi"Watu Nganten" kepada anak-anak, agar mereka lebih mengenal sejarah yang merupakan warisan budaya dan harus dijaga kelestariannya," jelas Supardi.

"Dapat kita lihat, bahwa apapun profesi, kedudukan dan kegiatan kita pada akhirnya akan kembali kepada satu wadah yaitu keluarga," imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakan, dalam pawai budaya kali ini, SMAN 1 Magetan juga menekankan pada Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), yang mana ini merupakan proyek pengembangan karakter pelajar untuk hidup dan berperilaku berdasarkan nilai-nilai Pancasila.

“Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila bertujuan meningkatkan wawasan kebangsaan siswa-siswi, meningkatkan jiwa patriotisme anak dan memperkuat serta meningkatkan karakter profil pelajar pancasila,” ujar Supardi.

“Harapan kami ke depannya, SMA Negeri 1 Magetan ini bisa mengangkat nilai-nilai kearifan lokal Magetan salah satunya dengan mengenalkan kembali peninggalan sejarah kepada generasi muda penerus bangsa," tutup Kepala Sekolah tersebut. (ik)

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Dibaca : 1.756