Penuhi Kebutuhan Air Pertanian, Dinas PUPR Magetan Bidang SDA Lakukan Rehabilitasi Saluran Irigasi Bajang.

 

Proses pengerjaan rehabilitasi Saluran Irigasi Bajang.

MAGETAN, exspresnews.com - Guna memenuhi kebutuhan air pertanian, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Magetan Bidang Sumber Daya Air (SDA) lakukan rehabilitasi Saluran Irigasi Bajang, Desa Mategal, Kecamatan Parang Kabupaten Magetan.

Menurut Kepala Bidang SDA, Yuli K. Iswahyudi, ST, kondisi saluran saat ini mengalami kerusakan di beberapa ruas saluran, khususnya ruas yang mengairi Desa Mategal dan Desa Kediren. Sehingga saat musim kemarau menyebabkan layanan irigasi kurang optimal karena banyak air yang bocor dan hilang di saluran.

"Saluran Irigasi Bajang memiliki areal baku sawah seluas 308 Hektar, yang terbagi ke dalam empat desa yakni Desa Bungkuk, Mategal, Kediren dan Lembeyan Kulon, jadi ketika musim kemarau sawah di wilayah tersebut sangat tergantung pada air yang mengalir melalui saluran ini," jelasnya, Selasa (20/08/2024).

Rehabilitasi saluran irigasi Bajang dikerjakan selama 105 hari kalender oleh kontraktor pelaksana CV. Bintang Bulan Gemilang dan konsultan pengawas CV. Pandega Raya.

"Rehabilitasi saluran irigasi ini menelan biaya sebesar Rp. 148.470.000,00 (seratus empat puluh delapan juta empat ratus tujuh puluh ribu rupiah)," tambah Kabid SDA.

Dengan diperbaikinya Saluran Irigasi Bajang saat ini, diharapkan akan mengurangi kehilangan air disaluran dan mampu meningkatkan efisiensi penggunaan air saat musim kemarau. Yang pada akhirnya mampu meningkatkan hasil pertanian dan perekonomian masyarakat. (ik)

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Dibaca : 1.756