Penuhi Kebutuhan Air Minum Bersih, Dinas PUPR Magetan Bidang Cipta Karya Bangun SPAM

 

Proses pembangunan SPAM di Desa Bungkuk, Kecamatan Parang, Kabupaten Magetan.

MAGETAN, exspresnews.com - Air merupakan kebutuhan yang menyangkut hajat hidup orang banyak, untuk memenuhi kebutuhan air minum dan akses air minum yang bersih, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang bidang Cipta Karya Magetan membangun SPAM di Desa Bungkuk, Kecamatan Parang, Kabupaten Magetan.

Proyek pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum ini meliputi pengerjaan sumur dengan kedalaman sekitar 150 meter yang menghasilkan debet air 3 Liter/detik, penyediaan tandon air ukuran 4x3 meter dan jaringan perpipaan.

Kepala bidang Cipta Karya, Rokhmat Zainuddin, menjelaskan bahwa air bersih merupakan kebutuhan mendasar manusia yang perlu dijaga kelestariannya.

"Itulah sebabnya pembangunan SPAM ini merupakan program urgent kami, karena menyangkut kepentingan hajat hidup orang banyak," jelas Rokhmat, pada Selasa (20/08/2024).

Proyek pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum ini menggunakan dana sebesar Rp.700.000.000,00 (tujuh ratus juta rupiah), yang dikerjakan oleh CV Fajar Indah sebagai pelaksana dan CV Karya Tuju Satu sebagai pengawas.

Dengan pengerjaan selama 120 hari kalender diharapkan pembangunan SPAM di Desa Bungkuk mampu membantu pemenuhan akan air minum bersih warga setempat.

Menurut Rokhmad, pengelolaan air bersih ini diperlukan agar ketersediaan untuk generasi mendatang tetap terjaga. 

"Meski butuh biaya untuk mengelolanya tetapi kita harus tetap melakukan agar alam terjaga dengan baik, peran aktif masyarakat pun diperlukan dalam menjaga keberadaannya," pungkas Kabid Cipta Karya. (ik)


0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Dibaca : 1.756