Langen Beksan, Cara Pemdes Pingkuk Nguri-uri Budaya Jawa.

 

Kades Pingkuk, Ajis Santoso saat menari di pagelaran Langen Beksan.

MAGETAN, exspresnews.com - Sebagai upaya melestarikan tradisi budaya yang telah diwariskan para leluhur atau nenek moyang, Pemerintah Desa Pingkuk, Kecamatan Bendo, Kabupaten Magetan menggelar bersih desa, Jumat Pon (09/08/2024).

Ritual bersih desa merupakan adat budaya yang turun temurun dilakukan setiap tahun di bulan Muharram atau Suro oleh para pemangku jabatan dan masyarakat di Desa Pingkuk. Ritual ini dilakukan sebagai wujud penghargaan atas perjuangan para leluhur atau cikal bakal yang telah babat alas Desa Pingkuk.

Dikatakan oleh Kades setempat, bersih desa tahun ini diawali dengan doa bersama dan penyembelihan kambing di empat petilasan yang kemudian dilanjutkan dengan selametan di Petilasan Sumur Eyang Sugriwo.

Selametan atau doa bersama dan pertunjukan Langen Beksan di petilasan atau biasa disebut Punden Banjar Eyang Sugriwo berlangsung sakral dan hikmat, yang turut dihadiri warga sekitar dan para pemuka agama dan tetua desa.

“Bersih desa ini merupakan cara kita melestarikan adat budaya, dimana ini wujud penghargaan kita kepada para leluhur yang telah membangun desa dan juga sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat Desa Pingkuk kepada Allah SWT atas limpahan berkah dan rahmatNYA,” ujar kepala desa tersebut.

Kades juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga masyarakat dan perangkat desa setempat. Karena telah bekerja sama dengan baik, sehingga pelaksanaan acara bersih desa dapat berjalan dengan lancar.

Ajis Santoso berharap, dengan diadakannya bersih desa ini bisa menjadi tolak balak bagi Desa Pingkuk yang dipimpinnya. Sehingga desanya terhindar dari segala malapetaka dan juga pagebluk serta menjadi desa yang lebih baik dan maju ke depannya.

“Semoga dengan ini, desa kita Pingkuk terhindar dari malapetaka dan bebaya apapun. Serta masyarakat senantiasa diberi kesehatan dan kelimpahan dalam bertani maupun pekerjaan lainnya," tutupnya. (ik)

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Dibaca : 1.756