Dewi Sri Menjadi Icon SMAN 1 Kawedanan Dalam Pawai Budaya Semarak HUT RI ke-79.

Dewi Sri, icon SMAN 1 Kawedanan dalam pawai budaya.

MAGETAN, exspresnews.com - Semarak peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79 menggema di seluruh wilayah kesatuan Republik Indonesia.

Berbagai kegiatan dilaksanakan guna memeriahkannya. Pawai Budaya atau sering disebut karnaval menjadi salah satu kegiatan favorit di setiap tahunnya.

Pun halnya dengan SMAN 1 Kawedanan, Magetan, yang turut ambil bagian dalam semarak pawai budaya yang digelar oleh kecamatan setempat.Menggabungkan kearifan budaya lokal dan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), SMAN 1 Kawedanan hadir dengan segala kemeriahan yang ditampilkan, Sabtu (24/08/2024).

Berbagai kostum pakaian adat dan kesenian hasil kreatifitas pelajar ditampilkan yang mengundang decak kagum warga masyarakat yang menyaksikan. Dewi Sri yang merupakan sosok perwujudan Dewi-Dewi dalam kepercayaan Hindu ditampilkan sebagai icon dalam pawai. 

Dewi Sri yang merupakan simbol pemberi kemakmuran, kesejahteraan dan rejeki diharapkan mampu memberi pemahaman akan makna yang digambarkan.

Hal ini senada dengan yang dikatakan Kepala Sekolah SMAN 1 Kawedanan, Aris Sudarmono, yang mengharapkan para peserta didiknya mampu menjaga sejarah terlebih melestarikannya sebagai salah satu upaya mengisi kemerdekaan yang telah diraih oleh para pahlawan bangsa.

"Dengan menghargai dan melestarikan budaya atau sejarah yang ditinggalkan, semoga bisa menjadikan para generasi penerus bangsa sebagai pribadi yang menghargai perjuangan dan berjuang juga untuk mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang baik," tutup Aris. (ik)
 

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Dibaca : 1.756