Rokok Ilegal Ditemukan Satpol PP Magetan dan Bea Cukai Dalam Operasi Gabungan.


Kabid Gakkda Satpol PP Magetan, Genendar bersama perwakilan dari kantor Bea Cukai Madiun saat menunjukkan rokok ilegal yang ditemukan.

Magetan,exspresnews.com-Menindaklanjuti kegiatan operasi pemberantasan rokok ilegal di wilayah kabupaten Magetan, Satpol PP dan Damkar beserta tim gabungan dari Kantor Bea Cukai Madiun serta serta aparat penegak hukum menemukan rokok ilegal di wilayah Kecamatan Maospati, Rabu (17/07/24). 

Hal ini disampaikan oleh pelaksana pemeriksa dari Kantor Bea Cukai Madiun, Jiman, seusai melaksanakan operasi pemberantasan rokok ilegal yang menyisir warung-warung maupun toko-toko.

"Dari kegiatan operasi yang kita lakukan sampai dengan hari ini telah kita temukan sebanyak 14 rokok ilegal tanpa pita cukai yang dijual oleh pedagang sebuah warung di wilayah Kecamatan Maospati," katanya.

"Rokok tanpa pita cukai tersebut antara lain 7 bungkus rokok San Marino @20 batang, 3 bungkus A.M Bold @20 batang, 1 bungkus Sendang Biru @20 batang, 2 bungkus S B Sumber Baru @20 batang dan 1 bungkus Dalill @20 batang" jelas Jiman kepada awak media.

Sementara itu Kepala Satpol PP dan Damkar Magetan, Rudy Harsono, melalui Kabid Gakkda, Gunendar, menjelaskan bahwa ini diindikasikan sebagai suatu jaringan di wilayah Maospati, rokok-rokok ilegal tersebut tidak diproduksi di Magetan, namun dari tempat lain yang kemudian di distribusikan ke wilayah Magetan karena memilliki tempat strategis salah satunya perlintasan kereta api atau stasiun kereta api di Barat yang dimungkinkan menjadi tempat pengiriman dan juga rest area Kartoharjo sebagai tempat transaksi peredaran rokok ilegal. 

Dijelaskan lebih lanjut oleh Gunendar dan perwakilan dari Kantor Bea Cukai Madiun, untuk pedagang yang kedapatan memperjual belikan barang kena cukai hasil tembakau atau yang biasa disebut rokok ilegal dikenakan sanksi teguran berupa Surat Bukti Penindakan (SBP) dan menandatangani surat pernyataan untuk tidak mengulangi hal yang sama serta menyita rokok ilegal yang ditemukan untuk dibawa ke Kantor Bea Cukai.

Diharapkan dengan adanya operasi dan sosialisasi mengenai rokok ilegal ini masyarakat lebih sadar dan ikut berpartisipasi dalam peran serta memberantas peredaran rokok ilegal. (tin/red*)

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Dibaca : 1.756