BPBD Magetan Gelar Pelatihan Jungle Rescue dan Vertical Rescue, Untuk Meningkatkan Kemampuan Potensi Relawan.

 

Pelatihan peningkatan kemampuan potensi relawan oleh BPBD Magetan.

Magetan, exspresnews.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Magetan menggelar pelatihan khusus untuk meningkatkan kemampuan potensi relawan dalam penanggulangan bencana atau situasi darurat.


Pelatihan kali ini difokuskan pada Jungle Rescue dan Vertical Rescue yang berlangsung selama tiga hari mulai 25 hingga 28 Juni 2024 di kawasan bumi perkemahan Alastuwo, Kecamatan Poncol.


Dengan mendatangkan instruktur berpengalaman dari Tim BASARNAS Jatim, pelatihan ini diikuti oleh 56 peserta dari 27 potensi relawan yang ada di Magetan. 


PLT Kepala Pelaksana BPBD Magetan, Yok Sujarwadi melalui Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Magetan, Suparman, mengatakan tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan dan kesiapan personel potensi relawan dalam melakukan evakuasi dan penyelamatan di daerah hutan serta di medan vertikal yang curam.


"Kami memang ada program yaitu peningkatan kapasitas potensi relawan. Jadi Magetan ini memiliki 27 potensi relawan ada orari, rapi dan macam macam lainnya dari potensi-potensi relawan ini memang kami berupaya untuk mengadakan kegiatan bersama dan memang sudah menjadi kewajiban BPBD untuk membimbing," ungkapnya pada Selasa (25/06/2024).


Dijelaskan Suparman, dalam pelatihan kali ini relawan diberikan materi teori tentang dasar-dasar penyelamatan di hutan (Jungle Rescue) dan di medan vertikal (Vertical Rescue). Materi mencakup teknik navigasi, penggunaan peralatan penyelamatan, serta penanganan medis dasar di lapangan.


"Jadi untuk jungle rescue meliputi pembacaan peta, pencarian di hutan, pencairan di alam bebas dan lainnya, sedangkan untuk vertical rescue terkait pengamanan penanganan korban saat berada di ketinggian," imbuhnya


Dengan pelatihan ini, diharapkan potensi relawan Magetan akan semakin siap dan tanggap dalam menghadapi berbagai situasi bencana, khususnya yang terjadi di medan hutan dan tebing. (ik)

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Dibaca : 1.756