Masjid NU Darussholihin Berkurban, Bentuk Rasa Syukur dan Makna Berbagi Pada Idul Adha

Masjid NU Darussholihin di Dusun Godang, Desa Patihan Kidul, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo, melakukan penyembelihan hewan kurban. (Foto - Eko) 

SIMAN - PONOROGO (Exspresnews.com) - Penyembelihan hewan kurban menjadi bagian yang tak terlepas dari perayaan Hari Raya Idhul Adha.

Kurban menjadi salah satu yang dianjurkan bagi umat Islam yang mampu menunaikannya.

Tak terkecuali, salah satunya yaitu Masjid NU Darussholihin di Dusun Godang, Desa Patihan Kidul, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo, setelah sehari sebelumnya menggelar Shalat Idul Adha 1441 Hijriyah, hari ini melakukan penyembelihan hewan kurban.


Ketua Panitia Kurban, Afif Ferdiansyah, M.Pd.i, mengatakan, berkurban merupakan bentuk tanda syukur atas nikmat Allah SWT.

"Kurban adalah momentum untuk menumbuhkan jiwa kemanusiaan dan sifat utama dengan berderma," ujar Afif saat dihubungi Exspresnews.com, Sabtu (1/8/2020).

Di tengah pandemi virus corona yang saat ini terjadi, lanjut dia, sedekah akan sangat bermakna, berapa pun jumlahnya.

"Saat ini hewan kurban yang terkumpul sebanyak 12 hewan kurban. Jumlah tersebut yakni 9 ekor kambing, 5 ekor diantaranya kemarin sudah disembelih di Musholla dan 3 ekor sapi. 1 ekor sapi itu adalah dari arisan jamaah masjid dan 2 sapi lainnya bantuan shodaqoh dari keluarga H. Sugeng Hariono, ST," jelas Afif.

Sementara itu, Kamituwo Dusun Godang, Imron Maliki menambahkan, pemotongan hewan kurban dilakukan di area komplek Masjid NU Darussholihin dan daging hewan kurban dibagikan kepada jemaah dan masyarakat lingkungan sekitar.

"Pemotongan dilakukan mulai sejak pagi, kemudian dibagikan kepada jemaah, masyarakat dan khususnya ke warga yang kurang mampu ekonominya," pungkas Maliki. (Eko)

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Dibaca : 1.756