Perpustakaan Maju Lancar Desa Bandar wakili Pacitan di Lomba Perpustakaan Umum Desa Kelurahan tingkat Provinsi Jawa Timur

Kegiatan Visitasi Perpustakaan Maju Lancar Desa Bandar Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan, Selasa (30/06/2020). (Foto - Hargo)

 

Pacitan – Portal Exspresnews.com

Prestasi membanggakan ditorehkan Perpustakaan Maju Lancar Desa Bandar Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan.

 

Setelah menjadi jawara dalam penilaian lomba perpustakaan tingkat Kabupaten Pacitan, Perpustakaan Maju Lancar yang kini dibawah komando Anita Bidaryati itu maju dalam lomba yang sama ditingkat Provinsi Jawa Timur.

 

Dalam visitasi penilaian Lomba Perpustakaan Umum Desa dan Kelurahan tingkat Jawa Timur yang di gelar pada hari Selasa (30/06/2020), Kepala Perpustakaan Maju Lancar Desa Bandar, Anita Bidaryati menyatakan bahwa perpustakaan yang dipimpinnya itu akan terus bergerak menuju Penguatan Literasi untuk kesejahteraan. “Visinya adalah mencetak masyarakat yang cerdas dan terampil, untuk menuju hal itu, pentingnya membaca untuk mengikuti perkembangan zaman terus kami giatkan sehingga perpustakaan ini akan menjadi perpustakaan yang menjadi rujukan dan pusat belajar serta kegiatan masyarakat di Desa Bandar dan sekitarnya,” Ucap Anita.

 


Ratusan buku fiksi dan non fiksi, disediakan di perpustakaan ini, “Berbagai majalah, referensi, mainan edukatif, juga kami sediakan, untuk pelayanan, jam buka senin dan kamis mulai pukul 09.00 hingga jam 13.00, layanan yang diberikan adalah internet, les gratis, fasilitas prakarya, pelatihan atau workshop untuk masyarakat,”lanjut Anita Bidaryati.

 

Untuk anggaran, kami didukung dari dana desa 3 ditahun 2018 juta dan kemudian meningkat menjadi 5 juta ditahun 2019, “Semoga semakin meningkat sehingga kebutuhan yang diperlukan dapat diwujudkan untuk kemajuan perpustakaan ini, dimasa pandemi Covid 19 ini, kami bekerja sama dengan berbagai pihak dalam upaya pencegahan diantaranya pembagian masker, edukasi dan sosialisasi dengan pemasangan poster di dusun-dusun, semoga kedepan perpustakaan ini semakin maju dan bisa membawa kesejahteraan bagi masyarakat Desa Bandar dan sekitarnya.”Pungkas Anita Bidaryati.

 

Kepala Desa Bandar, Mawan Nuryanto, ST berharap dengan visitasi itu bisa menjadi tranformasi ilmu dan juga bermanfaat untuk masyarakat Desa Bandar.”Demi kemajuan dan untuk mencapai keunggulan desa itu diperlukan banyak program yang harus dijalankan berkaitan dengan itu, budaya gemar membaca di seluruh pelosok dusun-dusun harus dilakukan dan setelah budaya literasi kuat maka giat umkm yang menciptakan kemandirian demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat akan tercapai,” Ujar Kepala Desa Bandar.

 

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Pacitan, Drs Cipto Yuwono, M.Pd menyatakan bahwa visitasi tersebut merupakan kegiatan penilaian lomba perpustakaan desa dari tim penilai provinsi, “Perpustakaan Maju Lancar Desa Bandar ini sudah masuk 6 besar provinsi. Mudah-mudahan bisa mencapai nominasi terbaik,” Terang Kepala Dinas.

 

Sebelumnya, perpustakaan ini menjadi juara dalam lomba yang sama ditingkat Kabupaten Pacitan, “Kelebihan perpustakaan ini adalah para pengurus masih muda dan kreatif serta memiliki inovasi untuk pemberdayaan masyarakat seperti pelatihan kepada masyarakat, berupa pelatihan keripik, pembuatan tas dan minuman, ini yang mendukung program pemberdayaan menuju kesejahteraan,”Urai Cipto Yuwono.

 

Dalam kegiatan ini kami menilai sudah cukup baik. “Paparannya bagus, kontennya menarik, semoga bisa masuk 3 besar di tingkat Provinsi Jawa Timur, syukur bisa menjadi juara 1 dan mengharumkan nama Kabupaten Pacitan, yang terpenting bisa membawa manfaat bagi masyarakat sekitar yaitu bisa menambah kesejahteraan bagi masyarakat.” Pungkas Cipto Yuwono. (Hargo)


Hargo Hadi Suprapto

Peliput di Portal Exspresnews.com

 


0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Dibaca : 1.756