Lepas Burung Merpati, Bupati Indartato Launching Desa Pakisbaru Nawangan menjadi Kampung Tangguh

Peliput : Hargo Hadi Suprapto

Bupati Pacitan, Kapolres Pacitan, Dandim 0801/Pacitan saat bersiap melepas Burung Merpati sebagai tanda dilaunchingnya Kampung Tangguh Semeru di Desa Pakisbaru, Nawangan, Pacitan, Selasa (16/06/2020). (Foto - Hargo)

Pacitan – Portal Exspresnews.com

Bersama dengan Kapolres Pacitan dan Komandan Kodim 0801/Pacitan, Bupati Indartato melepaskan tiga ekor burung merpati sebagai tanda dilaunchingnya Desa Pakisbaru Kecamatan Nawangan Pacitan menjadi Kampung Tangguh Semeru, Selasa (16/06/2020).

 

Desa Pakisbaru Kecamatan Nawangan ditetapkan menjadi Kampung Tangguh setelah memiliki kesiapan yang memadai dengan melibatkan berbagai elemen di desa tersebut.

 

Menurut Kepala Desa Pakisbaru, Sugianto, S.Pd, pihaknya sangat berterimakasih atas ditetapkan desanya itu menjadi Kampung Tangguh. “Program Kampung Tangguh Semeru yang diinisiasi oleh Polda Jawa Timur ini sangat bagus untuk menyiapkan kita semua untuk Tangguh Kesehatan, Tangguh Pangan dan Tangguh Keamanan, untuk saat ini, fokusnya adalah memutuskan mata rantai penyebaran Covid 19 di desa kami,” Ucap Sugianto kepada Portal Exspresnews.com

 

Sugianto, S.Pd, Kepala Desa Pakisbaru Nawangan Pacitan. (Foto - Hargo)

Lebih lanjut Sugianto menjelaskan bahwa pihaknya menyiapkan berbagai upaya untuk menjadi tangguh kesehatan. “Diantaranya adalah menyiapkan infrastruktur dibidang kesehatan seperti tempat isolasi mandiri, Alat Pelindung Diri, tempat cuci tangan dan hand sanitizer, masker dan sosialisasi secara luas kepada seluruh masyarakat untuk taat menerapkan protokol kesehatan,” Lanjut Sugianto.

 

Sugianto juga menyampaikan untuk tangguh pangan pihaknya menyediakan Lumbung Pangan yang menyediakan berbagai bahan pangan pokok dan tambahan. “Tangguh secara keamanan adalah dengan menciptakan sinergitas semua elemen di Desa Pakisbaru agar tercipta kondusifitas didesa kami yang kita koordinasikan dengan aparat TNI dan Polri,” Jelas Sugianto.

 

Dengan menjadi Kampung Tangguh, Sugianto berharap Desa Pakisbaru menjadi desa yang siap dalam kondisi apapun. “Saat ini kita fokus menghadapi Covid 19, namun kedepan kita ingin kita siap dengan keadaan apapun, seperti kekeringan dan keadaan bagaimanapun, Desa Pakisbaru bisa siap menghadapinya dengan sinergitas semua pihak dengan Kampung Tangguh Semeru (Sehat, aMan, tERtib dan Rukun).” Pungkas Sugianto.

 

Bupati Pacitan, Indartato saat menerikan keterangan didepan awak media. (Foto - Hargo)

Sementara dalam sambutannya, Bupati Pacitan, Indartato mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Desa Pakisbaru dan seluruh masyarakatnya yang telah bekerja keras dalam mempersiapkan menjadi Kampung Tangguh didesanya. “Atas nama Pemerintah Kabupaten Pacitan, saya mengucapkan banyak terima kasih dengan upaya yang dilakukan, untuk menghadapi Covid 19 ini tidak lain dan tidak bukan adalah dengan kesabaran dan kedisiplinan, ini yang harus dilakukan secara terus menerus oleh seluruh masyarakat di Kabupaten Pacitan agar Covid 19 segera berhenti,” Ucap Bupati Indartato.

 

Bupati juga berharap Kampung Tangguh yang telah dilaunching bisa dilanjutkan untuk menghadapi situasi apapun dimasa yang akan datang. “Kit yakin, dengan kebersamaan dan sinergitas serta semangat gotong royong akan menjadikan permasalahan apapun di desa kita akan bisa dicari solusinya, dan semoga Kampung Tangguh Semeru ini menjadi semangat kita semua untuk terus berikhtiar dalam menghadapi Covid 19 yang saat ini menjadi Pandemi.” Ujar Bupati Indartato.

 

Bupati Indartato saat meninjau lokasi di Dusun Jepurun Desa Pakisbaru Nawangan. (Foto - Hargo)

Setelah meninjau kesiapan Kampung Tangguh Semeru dan memberikan arahan di Balai Desa Pakisbaru, Bupati Indartato mengunjungi wilayah Dusun Jepurun yang merupakan lokasi Zona Merah, dimana ada 1 orang warganya positif terjangkit Covid 19. “Semoga yang bersangkutan segera sembuh dan kita semua mendapatkan perlindungan dari Alloh SWT.”Pungkas Bupati Indartato. (Hargo)

 

 


0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Dibaca : 1.756