Ponorogo bersiap menuju New Normal, Bupati tekankan harga Masker dan Handsanitizer tetap terjangkau

Bupati Ponorogo, Drs H Ipong Muchlissoni saat memberikan keterangan kepada awak media.


Ponorogo – Portal Exspresnews.com


Bupati Ponorogo, Drs H Ipong Muchlissoni, pada Selasa (26/5/2020) di Pringgitan Rumah Dinas Bupati Ponorogo mengatakan, saat ini dirinya telah memberikan arahan kepada para pimpinan Perangkat Daerah yaitu Kepala Dinas, Kepala Badan dan pimpinan kecamatan untuk melakukan persiapan menuju New Normal.

 

“Apa itu ‘new normal’? New normal adalah sebuah keadaan yang kembali seperti semula. Normal. Tapi dengan cara dan gaya hidup yang baru. Ini berlaku untuk seluruh masyarakat. Nah, cara dan gaya hidup yang baru itu yang bagaimana? Ya, rajin cuci tangan, harus selalu memakai masker, dan kalau bertemu dengan orang harus jaga jarak 1,5 – 2 meter. Di semua tempat hal ini berlaku,” urai Bupati Ipong.

 

Pemerintah, kata Bupati Ipong, harus bisa memberikan pedoman dan mempersiapkan menuju pelaksanaan ‘new normal’. Untuk itu, ia telah memberikan arahan kepada para kepala Perangkat Daerah (kepala dinas/badan/kecamatan) agar melakukan langkah-langkah sebagai persiapan. “Pertama, memastikan keberadaan tempat cuci tangan atau wastafel di semua tempat umum. Mulai dari kantor, toko-toko, pasar, warung dan tempat-tempat umum lainnya,” Ucap Bupati Ipong Muchlissoni.

 

Kedua, akan ada skema untuk memastikan ketersediaan hand sanitizer dan masker di pasaran. “Keduanya harus ada dengan harga yang normal. Tidak boleh ada lagi harga yang di luar nalar untuk kedua barang tersebut. Sehingga masyarakat mampu membelinya. Hal ini bisa menjadi tugasnya Dinas Perdagkum, Dinas Kesehatan, Asisten 2 Bupati hingga Satpol PP,” Lanjut Bupati Ipong Muchlissoni.

Ketiga, harus ada skema tentang tata cara bekerja dengan model normal yang baru. Terutama untuk menerapkan physical distancing atau menjaga jarak aman. Dirinya akan meminta Sekdakab Ponorogo (Agus Pramono) untuk memimpin rapat tentang perubahan tata letak kursi dan meja kerja karyawan di lingkungan Pemkab Ponorogo.

 

“Kapan new normal ini berlaku? Kita semua tidak tahu. Bisa awal Juni, bisa awal Juli. Yang jelas sampai hari ini belum ada petunjuk dari pemerintah pusat. Arahan saya hari ini ke seluruh kepala SKPD adalah antisipasi kalau nanti new normal diberlakukan.” Pungkas Bupati Ipong Muchlissoni. (red)

 

Source : FB – Pemkab Ponorogo

 


0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Dibaca : 1.756