Kepala Puskesmas Pakisbaru meminta masyarakat tidak panik dengan hasil rapid test, itu hanya screening


Peliput : Hargo Hadi Suprapto

dr Sunu Pamadyo Tanjung, Kepala Puskesmas Pakisbaru Nawangan saat memberikan keterangan kepada Portal Exspresnews.com. (Foto - Hargo)

Kepala Puskesmas Pakisbaru Kecamatan Nawangan Pacitan, dr Sunu Pamadyo Tanjung meminta warga masyarakat tidak panik dan tetap tenang dengan hasil rapid test yang positif.

“Ada perbedaan asumsi yang salah dalam masyarakat. Yaitu antara Rapid Test dengan Test Swap (PCR), Rapid Test adalah test reaksi cepat  untuk mensecreening apakah seseorang mengarah ke Covid atau tidak, hasilnya adalah reaktif atau non reaktif, bukan positif atau negatif,” Ucap dr Sunu saat ditemui oleh Portal Exspresnews.com, Senin (04/05/2020).

Ini perbedaan antara Rapid Test dengan Swap Test, masyarakat harus tetap tenang dan jangan panik, ikuti anjuran dari pemerintah. 
(Video - Hargo)

Lebih lanjut, dr Sunu menjelaskan bahwa Rapid Test tidak bisa dijadikan alat untuk diagnosa dalam menentukan positif atau negatif Covid 19, “Selanjutnya jika hasil rapid test itu reaktif maka akan dilakukan pemeriksaan lanjutan dengan rongten, Lab atau dengan Swab, yaitu diambil lendir dipangkal tenggorokan untuk diambil partikel virusnya, dari sini baru bisa disimpulkan secara akurat apakah seseorang itu terkonfirmasi positif atau negatif Covid-19,” Lanjut Ka Puskesmas Pakisbaru itu.

dr Sunu juga mengatakan bahwa banyak gejala yang bisa jadi akan positif saat dilakukan rapid test. “Bisa jadi batuk, pilek, panas, demam berdarah, positif dalam rapid test, namun belum tentu positif secara swap, untuk itu kita lakukan pemeriksaan yang mendalam dengan melakukan PCR atau Test Swap,” Jelasnya.

Untuk itu saya menghimbau agar masyarakat jangan panik dengan adanya hasil rapid test yang positif. “Hari ini saya juga akan mengantar yang kemarin positif dalam Rapid Test untuk di PCR, kepada masyarakat tetap jaga kesehatan, pakai masker, jaga jarak dan jangan panik serta tetap tenang namun waspada.” Pungkas dr Sunu Pamadyo Tanjung. (Hargo)

Hargo Hadi Suprapto
Peliput di Portal Exspresnews.com

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Dibaca : 1.756