Kades Siwalan ajak warganya Stop Khawatir dan Ajak Peduli Covid-19


Peliput : Nanang Wibowo

Kepala Desa Siwalan Kecamatan Mlarak Ponorogo mengajak warganya untuk aktif berjemur sebagai salah satu upaya mencegah Covid-19. 
(Foto-Nanang Wibowo)


Kepala Desa Siwalan, Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo, Novi Dwi Hermawati, S.Pd, M.MPd mengajak warganya untuk tidak khawatir yang berlebihan dengan adanya pandemi Covid-19 ini.

Hal itu disampaikan oleh Novi yang juga anggota Persit Kartika Chandra Kirana itu saat ditemui oleh Portal Exspresnews.com, Rabu (29/04/2020).
Menurut Ibu Kepala Desa Siwalan, pandemi Covid-19 merupakan wabah yang melanda dunia dan harus dihadapi bersama. “Kita harus melawan bersama pandemi ini dengan tidak khawatir secara berlebihan, tetap semangat dalam menjalani kehidupan dengan terus mengikuti anjuran dari pemerintah yaitu menerapkan pola hidup sehat, salah satunya adalah rajin berjemur dibawah matahari, menerapkan social distancing dan selalu menggunakan masker apabila terpaksa keluar rumah,” Urai Novi.

Himbauan wajib memakai masker saat masuk ke Desa Siwalan. Tanpa masker maka dilarang untuk beraktifitas. 

Lebih lanjut Novi meminta warganya untuk senantiasa peduli. “Cara menepis rasa khawatir yang berlebihan adalah dengan selalu peduli, termasuk peduli dengan adanya pandemi Covid 19 ini, jadi tidak ada alasan untuk takut terhadap Covid-19, namun kita harus tetap waspada,” Lanjut Novi Dwi Hermawati.

Novi juga menjelaskan kepada Portal Exspresnews, bahwa masyarakat Desa Siwalan juga harus peduli dengan tetangganya yang terduga suspect Covid-19. “Berbuatlah sebisa mungkin untuk membantu mereka, seperti menyediakan makan bagi mereka, bersihkan rumah dengan sabun dan disinfektan, jaga agar jangan ada orang yang masuk ke rumah mereka jika tidak ada kepentingan dan tidak memakai Alat Pelindung Diri dan arahkan keluarga mereka untuk melaksanakan tata cara isolasi pasien agar anggota keluarga yang lain tidak tertular,” Jelas Novi Dwi Hermawati.

Masyarakat Desa Siwalan tidak boleh khawatir dan takut dengan tetangga yang diduga Suspect Covid-19, ada beberapa langkah untuk peduli kepada mereka.

Novi juga menyampaikan bahwa mereka sebenarnya tidak ingin tertular virus. “Mereka butuh cinta, perhatian dan bantuan kita untuk sembuh. Sehingga jangan musuhi dan kucilkan mereka,”ujar Kades Siwalan itu.

Di akhir keterangannya, Novi mengatakan bahwa Pemerintah Desa Siwalan terus bergerak dengan maksimal agar pandemi Covid-19 bisa dihindari. “Selain sosialisasi pencegahan Covid-19 dilakukan secara masif, kami menerapkan wilayah Desa Siwalan wajib memakai masker, jika tidak maka dilarang untuk beraktivitas di desa kami, harapan kami, Covid-19 tidak mewabah dan segera berakhir sehingga kehidupan bisa berjalan seperti semula.” Pungkas Novi Dwi Hermawati. (Nanang)

Nanang Wibowo
Peliput di Portal Exspresnews.com

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Dibaca : 1.756