18 Santri Temboro asal Nawangan Pacitan jalani Rapid Test Covid-19


Peliput : Hargo Hadi Suprapto

Sebanyak 18 Santri Temboro asal Nawangan Pacitan melakukan Rapid Test di Puskesmas Pakis Baru Nawangan, Selasa (28/04/2020). 
(Foto - Hargo)

Sebanyak 18 santri dan 5 tua yang ikut menjemput mereka dari Pondok Pesantren Al Fatah Temboro Magetan menjalani Rapid Test Covid-19 di Puskesmas Pakis Baru Nawangan Pacitan, Selasa (28/04/2020).
Video liputan Tim Exspresnews TV langsung dari Puskesmas Pakis Baru Nawangan. (Cameramen - Hargo)

Menurut Kepala Puskesmas Pakis Baru, dr Sunu Pamadyo Tanjung, pihaknya tidak mau kecolongan sehingga melakukan tindakan cepat untuk melakukan test tersebut. “Sesuai info yang kami terima bahwa mereka memiliki kontak erat dengan pasien terkorfimasi positif Covid-19 sehingga langsung kami panggil mereka untuk menjalani Rapid Test hari ini,” Ujar dr Sunu.

dr Sunu Pamadyo Tanjung, Kepala Puskesmas Pakisbaru, Nawangan


dr Sunu juga menyampaikan bahwa kondisi mereka saat ini sehat. “Kondisi mereka sehat semua, tanggapan mereka juga sangat baik dengan datang semua saat test bersama dengan 4 atau 5 orang tua yang melakukan penjemputan dari pondok, saat ini mereka menjalani isolasi mandiri dirumahnya masing-masing,” jelas dr Sunu.


Tim Kesehatan bersama jajaran Forpimka Nawangan saat melakukan Rapid Test

Kepala Puskesmas Pakis Baru itu juga mengatakan bahwa apapun hasil dari test tersebut, mereka akan tetap menjalani isolasi mandiri dirumahnya masing-masing. “Hanya saja jika positif mereka akan menjalani isolasi mandiri yang lebih ketat, jika ada keluhan maka akan kita bawa ke Wisma Atlit atau RSUD Dr Darsono Pacitan, kita akan memfasilitasi hal itu.” Pungkas dr Sunu.

Kepala Desa Ngromo, Gunawan, S.Pd


Sementara Kepala Desa Ngromo, Gunawan, S.Pd, menyatakan bahwa dari desanya ada 7 orang santri Temboro. “Desa kami terbanyak yang ada santrinya dari Temboro, dari awal pihak kami terus melakukan persiapan dari semua pihak dari Babinsa, Bhabinkamtibmas, Bidan Desa, Ketua Tim Penggerak PKK dan elemen lain terus melakukan koordinasi sehingga penanganan mereka bisa maksimal dengan kegiatan yang akan dilakukan termasuk isolasi mandiri, yang terpenting masyarakat jangan takut, tidak panik dan tetap tenang. Pemerintah Desa bersama dengan instansi vertikal akan terus berupaya maksimal agar wabah Covid-19 bisa ditekan seminimal mungkin.” Pungkas Kades Gunawan. (Hargo)

Hargo Hadi Suprapto
Peliput di Portal Exspresnews.com

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Dibaca : 1.756